|
[Year]
|
[Type the document title]
[Type
the document subtitle]
[Type
the author name]
|
|
[Type the company address]
|
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER
BANGSA
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlaq
Program : INTI
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/2
Nama
Guru : FATKHUL
UMAM, S.Pd.I
NIP/NIK : ...........................
Sekolah : SMA ISLAM T.
HUDA BUMIAYU
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA Islam T. Huda Bumiayu
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester : X / 2
Program : -
Aspek : Aqidah
Standar Kompetensi : Meningkatkan keimanan kepada Allah
melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.
Kompetensi
Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
1.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
|
Asmaul Husna :
· 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
· Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian
sifat-sifat Allah.
· Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
|
· Menyebutkan
arti sifat Allah.
· Menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Jenis Tagihan: Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan harian
Bentuk instrumen: Uraian bebas
|
2 jam
|
·
Al-Quran dan terjemah.
·
Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
|
1.2 Menjelaskan
arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
|
Asmaul Husna :
· 10 Asmaul Husna dan artinya
|
· Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat
Allah dalam asmaul husna.
· Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
· Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
· Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
· Menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
|
Jenis Tagihan: Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
· Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
|
1.3 Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
|
Perilaku
yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
|
· Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi
manusia dalam kehidupan sehari-hari.
· Menerapkan
prilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia
dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi
manusia dalam kehidupan sehari-hari.
· Menerapkan
perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna
|
Jenis Tagihan: Tugas Individu
Bentuk instrumen: Lembar pengamatan
|
2 jam
|
· Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA Islam T. Huda Bumiayu
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester : X / 2
Program :
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi
Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
|
2.1 Menyebutkan
pengertian perilaku husnuzhan
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
|
Husnuzhan :
· Pengertian Perilaku Husnuzhan
|
· Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
· Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.
|
· Menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah
· Menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri
sendiri.
· Menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.
|
Jenis Tagihan: Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
·
Al-Quran dan terjemah.
·
Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
|
|
2.2 Menyebutkan
contoh-contoh perilaku husnuzhan
terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
|
Husnuzhan
:
· Contoh
perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
|
· Mendiskusikan
contoh-contoh perilaku husnu dzan
terhadap Allah.
· Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap
diri sendiri.
· Mendiskusikan
contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap sesama manusia.
|
· Menyebutkan
contoh husnu zhan terhadap Allah
· Menyebutkan
contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
· Menyebutkan
contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.
|
Jenis Tagihan: Tes tertulis
Bentuk
instrumen:
Uraian
|
|
· Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
|
|
2.3 Membiasakan
perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
|
Husnuzhan :
· Perilaku
Husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah.
· Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap
diri sendiri.
· Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap
sesama manusia.
|
· Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
· Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
· Menunjukkan
sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.
|
Jenis Tagihan: Tugas Individu, Tugas kelompok
Bentuk
instrumen:
Lembar
pengamatan
|
2 jam
|
· Buku PAI kelas X.
· Buku-buku yang relevan.
|
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA Islam T. Huda Bumiayu
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester : X / 2
Program : -
Aspek : Aqidah
Standar
Kompetensi :
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
Kompetensi
Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
3.1 Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada Malaikat
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
|
Beriman kepada Malaikat :
· Tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
|
· Mendiskusikan tentang pengertian beriman kepada
Malaikat
·
Mendiskusikan
tanda-tanda beriman kepada Malaikat
|
·
Menjelaskan pengertian
beriman kepada Malaikat
·
Menjelaskan tanda-tanda
beriman kepada Malaikat.
|
Jenis
Tagihan:
Tugas
Individu
Tugas
kelompok
Ulangan
harian
Bentuk
instrumen:
Uraian
singkat
|
2 jam
|
·
Al-Quran dan terjemah.
·
Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
|
3.2
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
|
Beriman
kepada Malaikat :
· Contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
|
· Mendiskusikan contoh-contoh perilaku beriman kepada
Malaikat
·
Mendiskusikan ciri-ciri orang
beriman kepada Malaikat.
|
· Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
· Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada
malaikat.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Bentuk
instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
|
3.3
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam
kehidupan sehari-hari
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
|
Beriman
kepada Malaikat :
·
Perilaku yang mencerminkan
beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mendiskusikan perilaku yang
merupakan cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendiskusikan perbedaan orang
beriman dan orang tidak beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada
malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
·
Membedakan orang yang beriman
dan tidak beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
|
Jenis Tagihan:
Perilaku Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA Islam T. Huda Bumiayu
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester : X / 2
Program : -
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : Menghindari Perilaku Tercela
Kompetensi
Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
4.1 Menjelaskan
pengertian hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
· Cinta damai
|
Perilaku
Tercela :
·
Pengertian Hasad
·
Pengertian Riya
·
Pengertian Aniaya
·
Pengertian Diskriminasi.
|
·
Mendiskusikan pengertian
hasad.
·
Mendiskusikan pengertian
riya.
·
Mendiskusikan pengertian
aniaya.
·
Mendiskusikan pengertian
diskriminasi.
|
·
Menjelaskan pengertian hasad
·
Menjelaskan pengertian riya.
· Menjelaskan
pengertian aniaya
·
Menjelaskan pengertian
diskriminasi
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian
singkat
|
2 jam
|
·
Al-Quran dan terjemah.
·
Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
·
Internet
|
4.2 Menyebutkan
contoh perilaku hasad, riya, aniaya
dan diskriminasi.
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
· Cinta damai
|
Contoh-contoh
perilaku tercela :
·
Hasad
·
Riya
·
Aniaya
·
diskriminasi
|
·
Mendiskusikan contoh-contoh perilaku
hasad.
· Mendiskusikan contoh-contoh perilaku riya.
· Mendiskusikan contoh-contoh perilaku aniaya.
· Mendiskusikan contoh-contoh perilaku diskriminasi.
|
·
Menyebutkan contoh perilaku
hasad
·
Menyebutkan contoh perilaku
riya
·
Menyebutkan contoh perilaku
aniaya
·
Menyebutkan contoh perilaku
diskriminasi
|
Jenis
Tagihan:
Ulangan
Bentuk
instrumen:
Uraian
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
|
4.3 Menghindari
perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Tanggung jawab
· Gemar membaca
· Disiplin
· Cinta damai
|
Menghindari
perilaku:
·
Hasad
·
Riya
·
Aniaya
·
Diskriminasi
|
· Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku hasad.
·
Mendiskusikan cara-cara
menghindari perilaku riya.
·
Mendiskusikan cara-cara
menghindari perilaku aniaya.
·
Mendiskusikan cara-cara
menghindari perilaku diskriminasi.
|
· Menjelaskan cara- cara
menghindari perilaku hasad.
· Menjelaskan cara-cara menghindari perilaku riya.
·
Menjelaskan cara-cara
menghindari perilaku aniaya.
· Menjelaskan cara-cara menghindari perilaku
diskriminasi.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Uraian
bebas
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang relevan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar