Rabu, 04 Januari 2012

Silabus Kelas X


[Type the company name]
[Year]
[Type the document title]
[Type the document subtitle]
[Type the author name]

[Type the company address]






KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SILABUS PEMBELAJARAN
 PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

Mata Pelajaran      : Akidah Akhlaq
Program                : INTI
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester     : X/2
Nama Guru           : FATKHUL UMAM, S.Pd.I
NIP/NIK               : ...........................
Sekolah                 : SMA ISLAM T. HUDA BUMIAYU


























SILABUS
Nama Sekolah              : SMA Islam T. Huda Bumiayu
Mata Pelajaran             : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester          : X / 2
Program                       :  -
Aspek                                  :  Aqidah
Standar Kompetensi       :  Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

1.1 Menyebutkan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna

·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin

Asmaul Husna :
·   10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna

·   Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
·   Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.


·   Menyebutkan arti  sifat Allah.
·   Menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna




Jenis Tagihan: Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan harian

Bentuk instrumen: Uraian bebas

2 jam

·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.

1.2 Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna

·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin

Asmaul Husna :
·   10 Asmaul Husna dan artinya

·   Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
·   Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
·   Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

·   Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
·   Menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia


Jenis Tagihan: Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam

·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.


1.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna


·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin

Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna

·   Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
·   Menerapkan prilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

·   Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
·   Menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna




Jenis Tagihan: Tugas Individu

Bentuk instrumen: Lembar pengamatan

2 jam

·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.




SILABUS
Nama Sekolah              : SMA Islam T. Huda Bumiayu
Mata Pelajaran             : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester          : X / 2
Program                       :
Aspek                                  :  Akhlak
Standar Kompetensi       :  Membiasakan perilaku terpuji.

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

2.1   Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan

·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin

Husnuzhan :
·   Pengertian Perilaku Husnuzhan

·   Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
·   Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.

·   Menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah
·   Menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
·   Menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.


Jenis Tagihan: Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam

·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.
2.2   Menyebutkan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin
Husnuzhan :
·   Contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

·   Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
·   Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
·   Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap sesama manusia.

·   Menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah
·   Menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
·   Menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan: Tes tertulis

Bentuk instrumen:
Uraian


·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.
2.3   Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin
Husnuzhan :
·   Perilaku Husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.
·   Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan  terhadap Allah.
·   Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
·   Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap sesama manusia.

·   Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
·   Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
·   Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan:    Tugas Individu,  Tugas kelompok


Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.


SILABUS
Nama Sekolah              : SMA Islam T. Huda Bumiayu
Mata Pelajaran             : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester          : X / 2
Program                       :  -
Aspek                                  :  Aqidah
Standar Kompetensi      :  Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

3.1    Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat


·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin

Beriman kepada Malaikat :
·   Tanda-tanda beriman kepada Malaikat.

·   Mendiskusikan tentang pengertian beriman kepada Malaikat
·   Mendiskusikan tanda-tanda beriman kepada Malaikat

·   Menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
·   Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat


2 jam

·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.

3.2    Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat

·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin
Beriman kepada Malaikat :
·   Contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
·   Mendiskusikan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
·   Mendiskusikan ciri-ciri orang beriman kepada Malaikat.

·   Menjelaskan contoh-contoh perilaku  beriman kepada Malaikat
·   Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.

3.3    Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari

·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin
Beriman kepada Malaikat :
·   Perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
·   Mendiskusikan perilaku yang merupakan cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
·   Mendiskusikan perbedaan orang beriman dan orang tidak beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

·   Menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
·   Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
Jenis Tagihan:
Perilaku Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.





SILABUS
Nama Sekolah              : SMA Islam T. Huda Bumiayu
Mata Pelajaran             : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester          : X / 2
Program                       :  -
Aspek                                   :  Akhlak
Standar Kompetensi       : Menghindari Perilaku Tercela

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

4.1      Menjelaskan pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi


·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin
·      Cinta damai


Perilaku Tercela :
·   Pengertian Hasad
·   Pengertian Riya
·   Pengertian Aniaya
·   Pengertian Diskriminasi.


·   Mendiskusikan pengertian hasad.
·   Mendiskusikan pengertian riya.
·   Mendiskusikan pengertian aniaya.
·   Mendiskusikan pengertian diskriminasi.


·   Menjelaskan pengertian hasad

·   Menjelaskan pengertian riya.

·   Menjelaskan pengertian aniaya

·   Menjelaskan pengertian diskriminasi

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat


2 jam

·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.
·   Internet

4.2      Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.

·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin
·      Cinta damai

Contoh-contoh perilaku tercela :
·   Hasad
·   Riya
·   Aniaya
·   diskriminasi

·   Mendiskusikan contoh-contoh perilaku  hasad.
·   Mendiskusikan contoh-contoh perilaku  riya.
·   Mendiskusikan contoh-contoh   perilaku aniaya.
·   Mendiskusikan contoh-contoh perilaku diskriminasi.

·   Menyebutkan contoh perilaku hasad
·   Menyebutkan contoh perilaku riya
·   Menyebutkan contoh perilaku aniaya
·   Menyebutkan contoh perilaku diskriminasi

Jenis Tagihan:
Ulangan

Bentuk instrumen:
Uraian

2 jam
·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.
4.3      Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.

·      Religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Gemar membaca
·      Disiplin
·      Cinta damai

Menghindari perilaku:
·   Hasad
·   Riya
·   Aniaya
·   Diskriminasi
·   Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku hasad.
·   Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku riya.
·   Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku aniaya.
·   Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku diskriminasi.

·   Menjelaskan cara- cara  menghindari perilaku hasad.
·   Menjelaskan cara-cara menghindari perilaku riya.
·   Menjelaskan cara-cara menghindari perilaku aniaya.
·   Menjelaskan cara-cara menghindari perilaku diskriminasi.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar