Minggu, 22 Januari 2012

MATERI BAB II KELAS XI (PERILAKU TERPUJI) SOLIDARITAS, TASAMUH, TA'AWUN, DAN ZUHUD


·         Solidaritas artinya perasaan yang terwujud dalam perasaan senasib, sepenanggungan, setiakawan, sikap peduli terhadap orang lain atau saling memberi jaminan yang dimiliki manusia.
Secara istilah sikap perduli terhadap suatu penderitaan yang dialami oleh orang lain, seolah-olah merasa pahitnya penderitaan yang dialami tersebut, sehingga terpangil hatinya untuk segera membantu meringankan beban yang dialami.

Allah berfirman dalam Q.S Ali Imran 103 .

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَى شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Artinya : Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.
Hikmah perilaku solidaritas
1.      Mendapat banyak teman
2.      Dapat membantu meringankan beban orang lain
3.      Terhindar dari ancaman dan permusuhan


·         Tasamuh secara bahasa artinya toleransi, tenggang rasa, saling menghargai, secara istilah artinya suatu sikap yang senantiasa saling menghargai antar sesama manusia.
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ (1) لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ (2) وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ (3)
Artinya : 1. Katakanlah: "Hai orang-orang kafir, 2. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. 3. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.
Orang yang memiliki sikap tasamuh atau toleran, adalah orang yang memiliki sikap terpuji. Selain itu,akan mendapatkan hikmah dari perilakunya tersebut, hikmah nya antara lain
1.      Dapat menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam bergaul
2.      Dapat memperluas pergaulan
3.      Dapat menunjukan sikap jiwa besar

·         Ta’awun artinya tolong menolong /  saling membantu
Secara istilah sikap ta’awun artinya sikap kebersamaan dan rasa saling memiliki dan saling membutuhkan antara satu sama lain, sehingga dapat mewujudkan suatu pergaulan yang harmonis dan rukun.
Allah berfirman dalam Qur’an Surat Al-Maidah ayat 2.
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (2)
Artinya : Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.
Dari ayat di atas, menegaskan bahwa sikap tolong menolong harus di tanamkan dalam setiap sanubari muslim agar “Dalam hidup terjadi kerukunan dan kedamaian “.
Hikmah bersikap ta’awun
1.      Dapat menciptakan banyak teman dan saudara
2.      Dapat menjalin kebersamaan dan kekeluargaan
3.      Mendapat pahala dari allah SWT.

·         Zuhud artinya menjauhi  kemewahan dunia atau gemerlap kehidupan dunia yang bersifat materi
Orang yang memiliki sifat zuhud disebut zahid artinya selalu berupaya menjaga diri agar tidak terkena tipu daya kemewahan dunia.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-An’am : 32

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَلَلدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Artinya: Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka[468]. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya ?

Maksudnya: kesenangan-kesenangan duniawi itu hanya sebentar dan tidak kekal. Janganlah orang terperdaya dengan kesenangan-kesenangan dunia, serta lalai dari memperhatikan urusan akhirat.

Hikmah sifat zuhud antara lain
1.      Terhindar dari tipu muslihat kemewahan dunia
2.      Dapat trehindar dari perbuatan setan yang terkutuk
3.      Dapat mengunakan harta sesuai dengan petunjuk agama.


1 komentar: