Rabu, 04 Januari 2012

Silabus Akidah Akhlaq Kelas XI Sem II


                Aspek                                   :  Aqidah
                Standar Kompetensi       :  Meningkatkan keimanan  kepada Rasul-rasul Allah

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

4.1  Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah


Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin

Beriman kepada Rasul-rasul Allah :
·   Tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah


·   Mendiskusikan dalam kelompok tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
·   Mempresentasikan hasil diskusi tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah


·   Mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.
·   Menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
·   Menjelaskan sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah.

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas.


2 jam

·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.

4.2  Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar Membaca
Disiplin
Beriman kepada Rasul-rasul Allah :
·   Contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
·   Mendiskusikan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
·   Mempresentasikan hasil diskusi tentang contoh-contoh beriman kepada rasul-rasul Allah.
·   Mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.

·   Mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah
·   Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah..
·   Mengidentifikasi sifat-sifat mulia para Rasul Allah.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.

4.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan  keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
Beriman kepada Rasul-rasul Allah :
·   Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
·   Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah.
·   Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam pembelajaran.
·   Meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah.

·   Menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
·   Mengaplikasikan sifat-sifat para Rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.












               
Aspek                                   :  Akhlaq
                Standar Kompetensi       :  Membiasakan Perilaku Terpuji

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

1.1  Menjelaskan pengertian Solidaritas, Tasamuh, Ta’awun, Zuhud, Saling Menghargai, dan Tidak Ingkar Janji


Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar
membaca
Disiplin

Solidaritas, Tasamuh, Ta’awun, Zuhud, Saling Menghargai, dan Tidak Ingkar Janji :
·   Pengertian Solidaritas
·   Pengertian Tasamuh
·   Pengertian Ta’awun
·   Pengertian Zuhud
·   Pengertian Saling Menghargai
·   Pengertian Tidak Ingkar Janji

·   Mendiskusikan pengertian Solidaritas
·   Mendiskusikan pengertian  Tasamuh
·   Mendiskusikan pengertian Ta’awun
·   Mendiskusikan pengertian Zuhud
·   Mendiskusikan pengertian Saling Menghargai
·   Mendiskusikan pengertian Tidak Ingkar Janji


·   Menjelaskan pengertian Solidaritas
·   Menjelaskan pengertian Tasamuh
·   Menjelaskan pengertian Ta’awun
·   Menjelaskan pengertian Zuhud
·   Menjelaskan pengertian Saling Menghargai
·   Menjelaskan pengertian Tidak Ingkar Janji

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas.


1 jam

·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.

1.2  menganalisis dalil dan Menampilkan contoh perilaku Solidaritas, Tasamuh, Ta’awun, Zuhud, Saling Menghargai, dan Tidak Ingkar Janji

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
Solidaritas, Tasamuh, Ta’awun, Zuhud, Saling Menghargai, dan Tidak Ingkar Janji :
·   Dalil dan contoh prilaku Solidaritas
·   Dalil dan contoh prilaku Tasamuh
·   Dalil dan contoh prilaku  Ta’awun
·   Dalil dan contoh prilaku  Zuhud
·   Dalil dan contoh prilaku  Saling Menghargai
·   Dalil dan contoh prilaku  Tidak Ingkar Janji
·   Mempraktikkan contoh perilaku solidaritas
·   Mempraktikkan contoh perilaku Tasamuh
·   Mempraktikkan contoh perilaku Ta’awun
·   Mempraktikkan contoh perilaku Zuhud
·   Mempraktikkan contoh perilaku Saling Menghargai
·   Mempraktikkan contoh perilaku Tidak Ingkar Janji
·   Menampilkan contoh perilaku solidaritas
·   Menampilkan contoh perilaku Tasamuh.
·   Menampilkan contoh perilaku Ta’awun.
·   Menampilkan contoh perilaku Zuhud
·   Menampilkan contoh perilaku Saling Menghargai
·   Menampilkan contoh perilaku Tidak Ingkar Janji

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.

1.3. Hikmah Bersikap  Solidaritas, Tasamuh, Ta’awun, Zuhud, Saling Menghargai, dan Tidak Ingkar Janji

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar
membaca
Disiplin
Hikmah Bersikap :
·   Solidaritas
·    Tasamuh
·    Ta’awun
·    Zuhud
·    Saling Menghargai, dan
·   Tidak Ingkar Janji
·   Mendiskusikan Hikmah Bersikap Solidaritas
·   Mendiskusikan Hikmah Bersikap Tasamuh
·   Mendiskusikan Hikmah Bersikap Ta’awun
·   Mendiskusikan Hikmah Bersikap Zuhud
·   Mendiskusikan Hikmah Bersikap Saling Menghargai
·   Mendiskusikan Hikmah Bersikap Tidak Ingkar Janji.

·   Menjelaskan Hikmah Bersikap Solidaritas
·   Menjelaskan Hikmah Bersikap Tasamuh
·   Menjelaskan Hikmah Bersikap Ta’awun
·   Menjelaskan Hikmah Bersikap Zuhud
·   Menjelaskan Hikmah Bersikap Saling Menghargai
·   Menjelaskan Hikmah Bersikap Tidak Ingkar Janji.
Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
1 jam
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.




























Aspek                                   :  Aqidah
                Standar Kompetensi       :  Membiasakan Perilaku Terpuji

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

2.1  Menjelaskan pengertian Masa remaja dan mengidentifikasi bentuk  (contoh)  perilaku terpuji dalam pergaulan remaja


Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin

Akhlak dalam pergaulan remaja :
·   Pengertian Masa Remaja
·   Perkembangan Emosi Masa Remaja



·   Mendiskusikan pengertian masa remaja.
·   Memdiskusikan contoh Perkembangan Emosi Masa Remaja


·   Menjelaskan pengertian masa remaja.
·   Mengidentifikasi Perkembangan Emosi Masa Remaja


Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas.


1 jam

·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.

2.2  Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
Akhlak dalam pergaulan remaja :
·   Nilai negatif pergaulan remaja

·   Mendiskusikan nilai negatif pergaulan remaja

·   Mempresentasikan hasil diskusi tentang nilai negatif pergaulan remaja


·   Mengidentifikasi nilai negatif pergaulan remaja

·   Menjelaskan nilai negatif pergaulan remaja

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.

2.3. Menerapkan Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar
membaca
Disiplin
Akhlak dalam pergaulan remaja :
·   Akhlak dalam peergaulan  remaja
·   Membina Akhlak Remaja.
·   Mengidentifikasi Akhlak yang baik dalam  peergaulan  remaja di kehidupan sehari-hari
·   Mendiskusikan tentang tata cara yang baik dalam pembinaan terhadap akhlak remaja


·   Menunjukkan perilaku yang baik dalam mencerminkan Akhlak  pergaulan  remaja dalam kehidupan sehari-hari
·   Menunjukan cara yang baik dalam pembinaan terhadap prilaku remaja
Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
 Lembar pengamatan
1 jam
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.


Aspek                                   :  Aqidah
Standar Kompetensi       :  Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir.

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

3.1  Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir


Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin

Iman kepada Hari Akhir.

·   Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
·   Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
·   Menerapkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.


·   Menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
·   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.


Jenis tagihan :
Tugas individu

Bentuk instrument Lembar pengamatan

2  jam

·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.

3.2  Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
Hikmah beriman kepada hari akhir
·   Mengidentifikasi hikmah yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir.
·   Mendiskusikan hikmah beriman kepada hari akhir.
·   Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir.
·   Menunjukkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.

·   Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir dalam kehidupan sehari-hari


Jenis tagihan :
Ulangan

Bentuk instrumen
Uraian bebas
2 jam
·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.





Aspek                                   :  Akhlaq
Standar Kompetensi       :  Membiasakan perilaku terpuji.

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

4.1  Menjelaskan pengertian adil, ridha,  amal shaleh, persatuan dan kerukunan


Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin

Adil, Ridha,  Amal saleh, persatuan, kerukunan:
·   Pengertian Adil
·   Pengertian Ridha
·   Pengertian Amal saleh
·   Pengertian persatuan
·   Pengertian kerukunan

·   Mendiskusikan pengertian adil.
·   Mendiskusikan pengertian  ridha.
·   Mendiskusikan pengertian amal shaleh.
·   Mendiskusikan pengertian persatuan
·   Mendiskusikan pengertian kerukunan


·   Menjelaskan pengertian adil
·   Menjelaskan pengertian ridha
·   Menjelaskan pengertian amal saleh.
·   Menjelaskan pengertian persatuan
·   Menjelaskan pengertian kerukunan


Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen
Uraian singkat

1 jam

·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.
·   internet

4.2  Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan, dan keerukunan

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
Adil, Ridha dan Amal saleh :
·   Contoh perilaku adil
·   Contoh perilaku ridha
·   Contoh perilaku amal saleh.
·   Contoh perilaku persatuan
·   Contoh perilaku kerukunan

·   Mempraktikkan contoh perilaku adil.
·   Mempraktikkan contoh perilaku ridha.
·   Mempraktikkan contoh perilaku amal shaleh.
·   Mempraktikkan contoh perilaku persatuan
·   Mempraktikkan contoh perilaku kerukunan
·   Menampilkan contoh perilaku adil.
·   Menampilkan contoh perilaku ridha.
·   Menampilkan contoh perilaku amal saleh.
·   Menampilkan contoh perilaku persatuan
·   Menampilkan contoh perilaku kerukunan

Jenis tagihan :
Tugas individu

Bentuk instrumen :
Lembar pengamatan



2 jam
·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.

4.3  Membiasakan perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan, dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
Adil, Ridha dan Amal saleh :
·   Pembiasaan perilaku adil
·   Pembiasaan perilaku ridha
·   Pembiasaan perilaku amal shaleh
·   Pembiasaan perilaku persatuan
·   Pembiasaan perilaku kerukunan
·   Berlatih berperilaku adil
·   Berlatih berperilaku ridha
·   Berlatih berperilaku amal shaleh
·   Berlatih berperilaku persatuan
·   Berlatih berperilaku kerukunan.

·   Menunjukkan perilaku adil.
·   Menunjukkan perilaku ridha.
·   Menunjukkan perilaku amal shaleh
·   Menunjukkan perilaku persatuan
·   Menunjukkan perilaku kerukunan

Jenis tagihan :
Sikap individu

Bentuk instrumen :
Lembar pengamatan
1 jam
·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.

                                    Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                 
                                Kepala Sekolah,                                                                                                                                                                                                                                                                                 Guru Bidang Studi,




                         Drs. Mungal Purnomo                                                                                                                                                                                                                                                            Fatkhul Umam, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar