Aspek : Aqidah
Standar
Kompetensi : Meningkatkan keimanan
kepada Rasul-rasul Allah
Kompetensi Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
4.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
Rasul-rasul Allah
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Beriman kepada Rasul-rasul
Allah :
· Tanda-tanda beriman kepada
Rasul-rasul Allah
|
· Mendiskusikan dalam
kelompok tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
· Mengidentifikasi
tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.
· Menjelaskan tanda beriman
kepada Rasul-rasul Allah.
·
Menjelaskan
sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah.
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas.
|
2 jam
|
·
Al-Quran
dan terjemah.
·
Buku
PAI kelas XI
·
Buku-buku
yang relevan.
|
4.2 Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman
kepada Rasul-rasul Allah
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar Membaca
Disiplin
|
Beriman kepada Rasul-rasul Allah :
·
Contoh-contoh
perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
·
Mendiskusikan
contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang contoh-contoh beriman kepada rasul-rasul Allah.
·
Mengidentifikasi
contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.
|
·
Mengidentifikasi
contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah
· Menjelaskan contoh-contoh
perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah..
· Mengidentifikasi
sifat-sifat mulia para Rasul Allah.
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
·
Al-Quran
dan terjemah.
·
Buku
PAI kelas XI
·
Buku-buku
yang relevan.
|
4.3. Menampilkan perilaku
yang mencerminkan keimanan kepada
Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Beriman kepada Rasul-rasul Allah :
·
Perilaku
yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
·
Mengidentifikasi
perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah.
·
Mempraktikkan
perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam
pembelajaran.
· Meneladani sifat mulia
Rasul-rasul Allah.
|
· Menunjukkan perilaku yang
mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
· Mengaplikasikan
sifat-sifat para Rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
·
Buku
PAI kelas XI
·
Buku-buku
yang relevan.
|
Aspek : Akhlaq
Standar
Kompetensi : Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
1.1 Menjelaskan pengertian Solidaritas, Tasamuh, Ta’awun, Zuhud, Saling Menghargai, dan Tidak Ingkar Janji
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar
membaca
Disiplin
|
Solidaritas, Tasamuh, Ta’awun, Zuhud, Saling
Menghargai, dan Tidak Ingkar Janji :
· Pengertian Solidaritas
· Pengertian Tasamuh
· Pengertian Ta’awun
· Pengertian Zuhud
· Pengertian Saling
Menghargai
· Pengertian Tidak Ingkar
Janji
|
·
Mendiskusikan
pengertian Solidaritas
·
Mendiskusikan
pengertian Tasamuh
·
Mendiskusikan
pengertian Ta’awun
·
Mendiskusikan
pengertian Zuhud
·
Mendiskusikan pengertian Saling Menghargai
·
Mendiskusikan pengertian Tidak Ingkar Janji
|
·
Menjelaskan
pengertian Solidaritas
·
Menjelaskan
pengertian Tasamuh
· Menjelaskan pengertian Ta’awun
· Menjelaskan pengertian Zuhud
· Menjelaskan pengertian
Saling Menghargai
·
Menjelaskan pengertian Tidak Ingkar Janji
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas.
|
1 jam
|
·
Al-Quran
dan terjemah.
·
Buku
PAI kelas XI
·
Buku-buku
yang relevan.
|
1.2 menganalisis dalil dan Menampilkan contoh
perilaku Solidaritas, Tasamuh, Ta’awun, Zuhud, Saling
Menghargai, dan Tidak Ingkar Janji
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Solidaritas, Tasamuh, Ta’awun, Zuhud, Saling
Menghargai, dan Tidak Ingkar Janji :
· Dalil dan contoh prilaku Solidaritas
· Dalil dan contoh prilaku
Tasamuh
· Dalil dan contoh
prilaku Ta’awun
· Dalil dan contoh
prilaku Zuhud
· Dalil dan contoh
prilaku Saling Menghargai
·
Dalil dan contoh prilaku Tidak Ingkar Janji
|
·
Mempraktikkan
contoh perilaku solidaritas
·
Mempraktikkan
contoh perilaku Tasamuh
·
Mempraktikkan
contoh perilaku Ta’awun
·
Mempraktikkan
contoh perilaku Zuhud
·
Mempraktikkan
contoh perilaku Saling Menghargai
·
Mempraktikkan
contoh perilaku Tidak Ingkar Janji
|
·
Menampilkan
contoh perilaku solidaritas
·
Menampilkan
contoh perilaku Tasamuh.
· Menampilkan contoh
perilaku Ta’awun.
· Menampilkan contoh
perilaku Zuhud
· Menampilkan contoh
perilaku Saling Menghargai
· Menampilkan contoh
perilaku Tidak Ingkar Janji
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
·
Al-Quran
dan terjemah.
·
Buku
PAI kelas XI
·
Buku-buku
yang relevan.
|
1.3. Hikmah Bersikap Solidaritas,
Tasamuh, Ta’awun, Zuhud, Saling Menghargai, dan Tidak
Ingkar Janji
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar
membaca
Disiplin
|
Hikmah Bersikap :
·
Solidaritas
·
Tasamuh
·
Ta’awun
·
Zuhud
·
Saling Menghargai, dan
·
Tidak
Ingkar Janji
|
·
Mendiskusikan
Hikmah Bersikap Solidaritas
·
Mendiskusikan
Hikmah Bersikap Tasamuh
·
Mendiskusikan
Hikmah Bersikap Ta’awun
·
Mendiskusikan
Hikmah Bersikap Zuhud
·
Mendiskusikan Hikmah Bersikap Saling Menghargai
· Mendiskusikan Hikmah Bersikap Tidak Ingkar Janji.
|
·
Menjelaskan
Hikmah Bersikap Solidaritas
·
Menjelaskan
Hikmah Bersikap Tasamuh
· Menjelaskan Hikmah Bersikap Ta’awun
· Menjelaskan Hikmah Bersikap Zuhud
· Menjelaskan Hikmah
Bersikap Saling Menghargai
· Menjelaskan Hikmah
Bersikap Tidak Ingkar Janji.
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
1 jam
|
·
Buku
PAI kelas XI
·
Buku-buku
yang relevan.
|
Aspek : Aqidah
Standar Kompetensi : Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
2.1 Menjelaskan pengertian Masa remaja dan
mengidentifikasi bentuk (contoh) perilaku terpuji dalam pergaulan remaja
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Akhlak dalam pergaulan
remaja :
· Pengertian Masa Remaja
· Perkembangan Emosi Masa
Remaja
|
· Mendiskusikan pengertian masa remaja.
·
Memdiskusikan contoh
Perkembangan Emosi Masa Remaja
|
· Menjelaskan pengertian masa remaja.
· Mengidentifikasi Perkembangan Emosi Masa Remaja
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas.
|
1 jam
|
·
Al-Quran
dan terjemah.
·
Buku
PAI kelas XI
·
Buku-buku
yang relevan.
|
2.2 Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku
pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena
kehidupan
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Akhlak dalam pergaulan
remaja :
· Nilai negatif pergaulan
remaja
|
·
Mendiskusikan
nilai negatif pergaulan remaja
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang nilai negatif pergaulan remaja
|
·
Mengidentifikasi
nilai negatif pergaulan
remaja
· Menjelaskan nilai negatif pergaulan
remaja
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
·
Al-Quran
dan terjemah.
·
Buku
PAI kelas XI
·
Buku-buku
yang relevan.
|
2.3. Menerapkan Akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar
membaca
Disiplin
|
Akhlak dalam pergaulan
remaja :
· Akhlak dalam
peergaulan remaja
·
Membina Akhlak Remaja.
|
·
Mengidentifikasi
Akhlak yang baik
dalam peergaulan remaja di kehidupan sehari-hari
·
Mendiskusikan tentang tata cara yang
baik dalam pembinaan terhadap akhlak remaja
|
· Menunjukkan perilaku yang baik dalam mencerminkan Akhlak pergaulan
remaja dalam kehidupan sehari-hari
· Menunjukan cara yang baik dalam pembinaan terhadap prilaku remaja
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar
pengamatan
|
1 jam
|
·
Buku
PAI kelas XI
·
Buku-buku
yang relevan.
|
Aspek : Aqidah
Standar
Kompetensi : Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir.
Kompetensi Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
3.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari
Akhir
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Iman kepada Hari Akhir.
|
· Mengidentifikasi perilaku
yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
·
Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
·
Menerapkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
|
·
Menjelaskan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
·
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Bentuk instrument Lembar
pengamatan
|
2
jam
|
·
Buku
PAI kelas XII
·
Buku-buku
yang relevan.
|
3.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Hikmah beriman kepada hari
akhir
|
· Mengidentifikasi hikmah
yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir.
·
Mendiskusikan
hikmah beriman kepada hari akhir.
· Mempresentasikan hasil
diskusi tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir.
·
Menunjukkan
hikmah beriman kepada Hari Akhir.
|
·
Menjelaskan
hikmah beriman kepada Hari Akhir dalam kehidupan sehari-hari
|
Jenis tagihan :
Ulangan
Bentuk instrumen
Uraian bebas
|
2 jam
|
·
Al-Quran
dan terjemah.
·
Buku
PAI kelas XII
·
Buku-buku
yang relevan.
|
Aspek : Akhlaq
Standar
Kompetensi : Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
4.1 Menjelaskan pengertian adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Adil, Ridha, Amal
saleh, persatuan, kerukunan:
·
Pengertian
Adil
·
Pengertian
Ridha
·
Pengertian
Amal saleh
·
Pengertian persatuan
·
Pengertian kerukunan
|
·
Mendiskusikan
pengertian adil.
·
Mendiskusikan
pengertian ridha.
·
Mendiskusikan
pengertian amal shaleh.
·
Mendiskusikan pengertian persatuan
·
Mendiskusikan pengertian kerukunan
|
·
Menjelaskan
pengertian adil
·
Menjelaskan
pengertian ridha
· Menjelaskan pengertian
amal saleh.
· Menjelaskan pengertian
persatuan
· Menjelaskan pengertian
kerukunan
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen
Uraian singkat
|
1 jam
|
·
Buku
PAI kelas XII
·
Buku-buku
yang relevan.
·
internet
|
4.2 Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan,
dan keerukunan
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Adil, Ridha dan Amal saleh
:
·
Contoh
perilaku adil
·
Contoh
perilaku ridha
·
Contoh
perilaku amal saleh.
·
Contoh
perilaku persatuan
·
Contoh
perilaku kerukunan
|
·
Mempraktikkan
contoh perilaku adil.
·
Mempraktikkan
contoh perilaku ridha.
·
Mempraktikkan
contoh perilaku amal shaleh.
·
Mempraktikkan
contoh perilaku persatuan
·
Mempraktikkan
contoh perilaku kerukunan
|
·
Menampilkan
contoh perilaku adil.
·
Menampilkan
contoh perilaku ridha.
· Menampilkan contoh
perilaku amal saleh.
· Menampilkan contoh perilaku
persatuan
· Menampilkan contoh
perilaku kerukunan
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Bentuk instrumen :
Lembar
pengamatan
|
2 jam
|
·
Buku
PAI kelas XII
·
Buku-buku
yang relevan.
|
4.3 Membiasakan perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan, dan
kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Adil, Ridha dan Amal saleh
:
· Pembiasaan perilaku adil
· Pembiasaan perilaku ridha
· Pembiasaan perilaku amal
shaleh
· Pembiasaan perilaku persatuan
· Pembiasaan perilaku kerukunan
|
·
Berlatih berperilaku
adil
·
Berlatih
berperilaku ridha
·
Berlatih
berperilaku amal shaleh
·
Berlatih
berperilaku persatuan
·
Berlatih
berperilaku kerukunan.
|
·
Menunjukkan
perilaku adil.
·
Menunjukkan
perilaku ridha.
·
Menunjukkan
perilaku amal shaleh
·
Menunjukkan
perilaku persatuan
·
Menunjukkan
perilaku kerukunan
|
Jenis
tagihan :
Sikap
individu
Bentuk
instrumen :
Lembar
pengamatan
|
1 jam
|
·
Buku
PAI kelas XII
·
Buku-buku
yang relevan.
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Bidang
Studi,
Drs. Mungal Purnomo Fatkhul
Umam, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar