1. 1.
Secara
etimologis, kalam berarti pembicaraan, yakni pembicaraan yang bernalar dengan
menggunakan logika. Oleh karena itu, cirri utama dari ilmu kalam adalah …..
a.
rasionalitas
atau logika d.
proporsionalitas atau harmoni
b.
agregitas
atau dinamika e.
emosionalitas atau erotis
c.
revitalitas
atau vital
2.
Ilmu kalam
dikenal sebagai ilmu keislaman yang berdiri sendiri dari Bani Abasiyah,
terutama yang menonjol terjadi pada masa Khalifah …..
a.
al-Mutawakil
(913-933) d. ad-Dahil
(803-813)
b.
al-Abrar
(819-843) e.
al-Asfani (713-733)
c.
al-Ma;mun
(813-833)
3.
Golongan
yang beranggapan bahwa Ali yang lebih berhak menjadi khalifah pengganti nabi
adalah …..
a.
Syiah d. Murji’ah
b.
Asy’ariyah e. Jabariyah
c.
Qadariyah
4.
Kaum
Khawarij terdiri dari pengikut Ali bin Abi Thalib yang meninggalkan barisannya
karena tidak setuju terhadap sikap Ali bin Abi Thalib dalam menyelesaikan
persengketaan khalifah dengan Mu’awiyah Ibn Abi Sufyan yang ditempuh dengan
cara …..
a.
arbitrasi
atau tahkim d.
orbitrasi atau tahkim
b.
kamuflase
atau tahkim e.
asesor atau tahkim
c.
reserve
atau tahkim
5.
Aliran
yang muncul sebagai reaksi atas sikapnya yang tidak mau terlibat dalam upaya
mengafirkan terhadap orang yang melakukan dosa besar, yaitu …..
a.
Maturidiyah d. Murji’ah
b.
Muktazilah e. Asy’ariyah
c.
Qadariyah
6.
Tokoh
pemikir utama yang menyatakan dan memproklamirkan berdirinya paham Qadariyah
adalah …..
a.
Ma’bad
al-Juhani d. Ma’had
al-Juhaini
b.
Minhad
al-Juhuni e. Ma’bad al-Jahuri
c.
Mashad
al-Jumhani
7.
Posisi
manusia menentukan dalam gerak laku dan perbuatannya. Manusia mempunyai
kekuatan untuk melaksanakan kehendaknya sendiri atau untuk tidak melaksanakan
kehendaknya. Pendapat ini dianut oleh aliran …..
a.
Maturidiyah d. Murji’ah
b.
Qadariyah e. Asy’ariyah
c.
Muktazilah
8.
Seorang
mu’min yang berdosa besar ia tetap mu’min tapi berdosa, bila mati kelak
ketentuannya terserah pada Allah SWT di akhirat. Ini pendapat golongan …..
a.
Karya d. Jabariyah
b.
Murjiah e. Khowarij
c.
Qadariyah
9.
Manusia
itu terpaksa, segala perbuatannya atas dasar kemauan Tuhan, jadi manusia tidak
ada ikhtiar, hal ini menurut pendapat golongan …..
a.
Mu’tazilah d. Jabariyah
b.
Murji’ah e. Khowarij
c.
Qadariyah
10.
Di bawah
ini adalah salah seorang dari dua pelopor timbulnya aliran Ahlussunah
Waljamaah, ialah …..
a.
Ma’abad Al
Jauhari Al Bisri d. Ali dan
Muawiyah
b.
Jaham bin
Shafwan e. Abu Hasan
Ali Asy’ari
c.
Abu
Khuzafah Wasil bin Ato
11.
Aliran salaf adalah aliran yang didirikan oleh Abu hasan Al-Asy’ari,. Hal
ini disebabkan karena...
a.
Ketidakpuasannya Abu Hasan Al-Asy’ari terhadap aliran maturidiyah yang
tidak sesuai dengan jalan pikirannya
b.
Ketidakpuasan Abu Hasan Al-Asy’ari
terhadap Aliran jabariyah yang terlalu exstream dalam berpendapat
mengenai orang yang berbuat dosa
c.
Ketidakpuasan Abu Hasan Al-Asy’ari terhadap Aliran Mu’tazilah karena dianggap menyesatkan umat Islam
d.
Ketidakpuasan Abu Hasan Al-Asy’ari terhadap Aliran syiah yang terlalu
mengagungkan Ali bin Abi Tholib
e.
Ketidakpuasan Abu Hasan Al-Asy’ari terhadap Aliran Khawarij yang keluar
dari barisan Ali bin Abi Tholib
12.
Masyarakat
Islam secara umum terbagi menjadi dua golongan besar, yaitu golongan …..
a.
Salaf dan
Syiah d. Suni dan Khalaf
b.
Suni dan
Khilaf e. Suni dan Syiah
c.
Sayid dan
Sunah
13.
Ada
beberapa nama-nama orang mulia yang diabadikan namanya dalam Al Qur’an, seperti
yang tersebut di bawah, kecuali …..
a.
Siti
Maryam d. Imam Al Ghazali
b.
Ashabul
Kahhfi e. Zul Karnen
c.
Lukmanul
Hakim
14.
Secara
umum fungsi pakaian itu ialah sebagai …..
a.
penutup
aurat dan gaya d.
perhiasan dan pelengkap aurat
b.
asesoris
dan perhiasan e.
gaya dan mode
c.
penutup
aurat dan perhiasan
15.
Islam
menetapkan ketentuan dalam berpakaian, baik ukuran aurat yang harus ditutup
maupun …..
a.
jenis
pakaian yang digunakan untuk menutupnya
b.
jenis
kesenangan yang digunakan untuk menutupnya
c.
jenis
pilihan yang digunakan untuk menutupnya
d.
jenis
ketentuan yang digunakan untuk menutupnya
e.
jenis
kesukaan yang digunakan untuk menutupnya
16.
Pakaian
merupakan kebutuhan manusia untuk mengaktualisasikan dirinya menurut tuntutan
perkembangan zaman. Ini merupakan fungsi pakaian, yaitu pakaian sebagai …..
a.
kesenangan
yang menyatakan prinsip pemakainya
b.
perhiasan
menyatakan idrentitas diri pemakainya
c.
pilihan
yang menyatakan status diri pemakainya
d.
ketentuan
yang menyatakan kelayakan pemakainya
e.
hiburan
yang menyatakan kepribadian yang memakainya
17.
Setiap
orang disuruh untuk memakai pakaian yang tidak hanya berfungsi sebagai hiasan,
akan tetapi juga berfungsi menjaga kesehatan kulit dan tubuh dari berbagai …..
a.
kesibukan d. keadaan
b.
sengatan e. sayatan
c.
gangguan
18.
Dalam
terminologi syariat, aurat adalah bagian tubuh yang diharamkan Allah untuk
diperlihatkan kepada orang lain yakni selain suami dan mahramnya. Adapun yang
termasuk aurat wanita adalah segenap tubuhnya selain …..
a.
kepala dan
telapak tangan d. muka
dan telapak tangan
b.
muka dan
telapak kaki e.
siku-siku dan mata kaki
c.
mata dan
jari-jari tangan
19.
Segala
macam jenis selendang atau kerudung yang menutupi kepala (kecuali muka), leher,
punggung, dan dada wanita dalam terminologi Indonesia disebut …..
a.
selendang d. rukuh
b.
kerudung e. jilbab
c.
kebaya
20.
Pakaian
menurut Islam memiliki fungsi hiasan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang
tidak sekedar kebutuhan penutup aurat, akan tetapi busana yang …..
a.
mempersulit
dan memperumit pemakainya
b.
membebani
dan merepotkan pemakainya
c.
memberatkan
dan menyusahkan pemakainya
d.
memperbesar
dan memperberat pemakainya
e.
memperelok
dan mempercantik pemakainya
21.
Ditegaskan
dalam firman Allah yang artinya dan
janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliyah yang
dahulu. (Q.S. al-Ahzab/33 : 33). Berdasarkan ayat tersebut, agama Islam
memberi aturan dalam kaitannya dengan masalah, yaitu …..
a.
etika
penampilan dan berbisnis yang benar
b.
etika
berhias dan bertingkah laku benar
c.
etika
berpakaian dan berbuat yang benar
d.
etika
bergaul dan berteman yang benar
e.
etika
bersahaja dan berkenalan yang benar
22.
Memandang
lain jenis yang bukan muhrimnya masih ada untungnya bila ….. (menurut hadits
Rasul)
a.
dipandang
terus d.
sengaja memandang
b.
memandang
bergantian e. tidak
ada nafsu syahwat
c.
tidak
mendua kali memandang
23.
Menurut
Qur’an Surat An-Nur 31, seseorang boleh menampakan bagian aurat kepada mereka,
kecuali …..
a.
suami atau
istri d. anak-anak
asuh dewasa
b.
anak-anak
sendiri e. cucu-cucu
sendiri
c.
mertua/menantu
24.
Orang bisa
banyak temannya atau justru kadang-kadang teman semakin banyak yang membenci,
adapun factor yang banyak menentukan itu ialah …..
a.
tangannya d. telinganya
b.
kakinya e.
mulutnya
c.
matanya
25.
Di antara
jenis perjalanan (safar) yang dianjurkan dalam Islam adalah …..
a.
berkelana,
belajar, dan mencari karunia Allah
b.
bersepeda,
belajar, dan mencari karunia Allah
c.
bersilaturrahmi,
belajar, dan mencari karunia Allah
d.
berkendaraan,
belajar, dan mencari karunia Allah
e.
bernostalgia,
belajar, dan mencari karunia Allah
26.
Sebelum
memasuki rumah seseorang, hendaklah yang bertamu terlebih dahulu melakukan
sesuatu, yaitu …..
a.
meminta
harapan dan mengucapkan basmallah
b.
meminta
keinginan dan mengucapkan takbir
c.
meminta
keperluan dan mengucapkan tasbih
d.
meminta
kesenangan dan mengucap tahmid
e.
meminta
izinnya dan mengucapkan salam
27.
Ketukan
yang pertama ketika meminta izin bertamu sebagai pemberitahuan kepada tuan
rumah, ketukan kedua memberikan kesempatan kepada penghuni rumah untuk
bersiap-siap, ketukan ketiga maknanya adalah diharapkan penghuni rumah sudah
…..
a.
berjalan
menuju pintu d. berdandan yang
rapi
b.
menyiapkan
hidangan e. menyapa
dengan ramah
c.
bangun
dari tempatnya
28.
Berikut
ini adab makan dan minum, kecuali …..
a.
dengan
tangan kanan d.
tidak menghembus makanan
b.
tidak
sambil berdiri e.
menggunakan sendok
c.
tidak
mencela makanan
29.
Rasulullah
SAW bersabda “bahwa hak seorang muslim terhadap muslim ada enam, diantaranya
bila ia mati maka iringkanlah”. Berarti seorang yang berta’ziyah telah
berakhlak berdasarkan …..
a.
Al-Qur’an d. Kebiasaan
b.
Al-Hadits e. Kewajiban
c.
Insting
30.
Apabila bertamu ketempat orang lain batas waktunya adalah...
a.
Satu hari d. Empat hari
b.
Dua hari e. Lima hari
c.
Tiga hari
31.
Termasuk
etika berkunjung kepada orang sakit, kecuali …..
a.
membawa
makanan d.
menasehati sabar
b.
menggembirakan
sisakit e. mendo’akan
tidak sembuh
c.
memberi harapan sembuh
32.
Di bawah
ini ada beberapa larangan akhlak dalam Islam yang sering kali kita lakukan
tanpa sadar kita melakukannya, kecuali …..
a.
duduk
bersimpuh d.
kencing ditempat terbuka
b.
makan
dengan tangan kiri e.
membuka aib teman
c.
minum
sambil berdiri
33.
Berikut
ini adalah akhlak dalam Islam yang diperintahkan Nabi untuk kita lakukan, kecuali
…..
a.
mendatangi
undangan d.
menasehati
b.
berjabat
tangan kepada siapa saja e.
berta’ziyah
c.
member
salam bila bertemu
34.
Ada
seorang anak yang selalu ta’at dan hormat kepada orang tuanya. Perilaku anak
tersebut ialah contoh akhlak yang bersumber dari …..
a.
Al-Qur’an / Hadits d. Selain agama/sekuler
b.
Agama
Samawi e. peraturan sekolah
c.
Agama ardi
35.
Salah satu adab hormat kepada tamu adalah ....
a.
Tamunya harus mengucapkan salam
b.
Tamu harus disiapkan kamar tidur
c.
Makan dengan sendirinya
d.
Menjamu tamu dengan senyuman terus menerus
e.
Menjamu tamu dengan makanan dan minuman ala kadarnya (seadanya)
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan
benar.
1.
Sebutkan 4
golongan/faham aliran ilmu kalam
dan tokohnya yang
Anda ketahui ?
2.
Jelaskan pengertian Khawarij dan proses terjadinya aliran khawarij ?
3.
Bagaimana pendapat kamu terhadap prilaku berpakaian remaja sekarang.
jelaskan ?
4.
Jelaskan tata cara menerima tamu sesuai dengan ajaran agama Islam ?
5.
Bagaimana sopan santun yang harus dijaga selama bertamu ?
The man who says he never has time is the laziest man.
Orang yang mengatakan tidak punya waktu adalah orang yang pemalas
Orang yang mengatakan tidak punya waktu adalah orang yang pemalas
terimakasih soal2 nya :D
BalasHapusSyukron Katsiron, Semoga blog ini bisa barokah untuk adminnya dan pembacanya.
BalasHapus