Jumat, 23 November 2012

MATERI KELAS X BAB III IMAN KEPADA ALLAH SWT


1.       Iman adalah percaya dengan sepenuh hati tanpa ada sedikit pun ada keraguan di dalamnya sehinga tercermin dalam pandangan hidup, sikap, dan tingkah laku… iman kepada Allah SWT artinya kita percaya dengan yakin bahwa Allah SWT itu ada, esa, kuasa, tidak ada sesuatu yang mampu menandingi kesempurnaanya (Q.S Al-Ikhlas 1-4)

2.       Penciptaan alam semesta, galaksi, bintang, matahari, bulan, dan makhluk hidup, semua yang ada di dunia ini tidak timbul dengan sendirinya. Semua ada yang menciptakan yaitu Allah SWT

3.       Makna lafadz “la illaha illa allah” kata  ilah memiliki pengertian (Pengecualian) yang , mengecualikan Allah SWT sebagai pencipta, pemilik semua hal. Kata Ilah juga memiliki arti secara Rububiyah dan Mulkiyah. Adapun “la illaha illa allah”memiliki pengertian diantaranya :
a)      la khaliqu Ilallah (tidak ada yang maha pencipta, kecuali Allah SWT)
b)      la razziqu Ilallah (tidak ada yang maha memberi Rizqi, kecuali Allah SWT)
c)       la hafiza Ilallah (tidak ada yang maha memelihara, kecuali Allah SWT)
d)      la mudabbira Ilallah (tidak ada yang maha mengelola, kecuali Allah SWT)
e)      la malika Ilallah (tidak ada yang maha memiliki kerajaan, kecuali Allah SWT)
f)       la waliya Ilallah (tidak ada yang maha pemimpin, kecuali Allah SWT)
g)      la hakkima Ilallah (tidak ada yang maha menentukan aturan, kecuali Allah SWT)
h)      la gayata Ilallah (tidak ada yang maha menjadi tuhan, kecuali Allah SWT)
i)        la ma’buda Ilallah (tidak ada yang maha disembah, kecuali Allah SWT)

4.       Akibat  orang yang tidak beriman kepada Allah SWT
a)      Tidak memiliki pedoman hidup yang benar. Orang yang tidak memiliki pedoman hidup hatinya tidak pernah tenang, mudah terbawa ajakan teman, mudah tergoda oleh setan, pandangan yang sempit, mudah frustasi jika menghadapi problematika kehidupan.
b)      Orang yang tidak beriman tidak dapat membedakan  mana yang halal dan mana yang haram, mana yang benar dan mana yang salah, akan bertindak sesuka hati dan rasa sombong dan takabur selalu menguasai dirinya
c)       Akan mengalami kerugian didunia dan diakhirat Allah SWT berfirman Q.S Al-Asr : 1-3

5.       Hikmah beriman kepada Allah SWT
a)      Iman sebagai dasar pedoman, dengan Iman kepada Allah SWT hidup manusia menjadi tenang karena memiliki pedoman hidup yang terjamin kebenaranya. (Q.S Ar-Ra’du : 28)
b)      Iman sebagai bimbingan Jiwa. Orang yang beriman akan selalu mendapat bimbingan dari Allah SWT, karenanya perbuatan yang dilakukan  adalah sesuatu yang baik dan terpuji, imannya secara langsung menolak  desakan nafsu jahat yang mengoda hatinya.
c)       Iman memotifasi orang yang beriman kepada Allah SWT untuk bersikap dermawan dan penuh dengan rasa kesetiaan yang tinggi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar