Rabu, 04 Januari 2012

silabus kelas kelas XII mapel Akidah Akhlaq


Aspek                             :  Akhlak
Standar Kompetensi :  Menghindari perilaku tercela

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

1.    Menghindari Akhlaq tercela seperti   Dosa Besar Mabuk-mabukan, Berjudi, Mencuri, Berzina Dan Mengkonsumsi Narkoba


Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin

Perilaku tercela :
·   Pengertian . Mabuk-mabukan, Berjudi, Mencuri, Berzina Dan Mengkonsumsi Narkoba

·   Dampak Negatif dari perilaku tercela, (Mabuk-mabukan, Berjudi, Zina, Mencuri  dan Mengkonsumsi Narkoba)

·   Nilai-nilai positif dalam menghindari perilaku tercela, (Mabuk-mabukan, Berjudi, Zina, Mencuri  dan Mengkonsumsi Narkoba)



·   Menguraikan pengertian Dosa Besar Mabuk-mabukan, Berjudi, Mencuri, Berzina dan Mengkonsumsi Narkoba.

·   Menjelaskan contoh-contoh  prilaku Dosa Besar, Mabuk-mabukan, Berjudi   Mencuri Berzina Dan Mengkonsumsi Narkoba

·   mendiskusikan  akibat negatif dari prilaku Dosa Besar, Mabuk-mabukan, Berjudi   Mencuri Berzina Dan Mengkonsumsi Narkoba

·   Menunjukan dan menjelaskan dalil yang berkaitan dengan Dosa Besar, Mabuk-mabukan, Berjudi   Mencuri Berzina Dan Mengkonsumsi Narkoba



· Menjelaskan pengertian perilaku Dosa besar (Mabuk-mabukan, Berjudi, Zina, Mencuri  dan Mengkonsumsi Narkoba)

· Menunjukan dalil yang berkaitan dengan perilaku tercela (Mabuk-mabukan, Berjudi, Zina, Mencuri  dan Mengkonsumsi Narkoba)

· Menjelaskan Hikmah dari menghindari prilaku tercela, (Mabuk-mabukan, Berjudi, Zina, Mencuri  dan Mengkonsumsi Narkoba)

· Menunjukan sikap, prilaku, dan dampak negatif dari perilaku tercela (Mabuk-mabukan, Berjudi, Zina, Mencuri dan Mengkonsumsi Narkoba)

Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen :
Uraian bebas


2 jam

·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.



















Aspek                             :  Akhlaq
Standar Kompetensi :  Akhlaq Terpuji Kreatif, Dinamis, Sabar, Dan Tawakal.

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

1.     Membiasakan diri melakukan  perilaku terpuji,  kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal.


Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin

Akhlaq terpuji
Pengertian :
·   kreatif
·   dinamis
·   sabar
·   tawakal


·   Mengidentifikasi  pengertian kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
·   Mendiskusikan pengertian kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal

·   Menjelaskan pengertian kreatif
·   Menjelaskan pengertian dinamis
·   Menjelaskan pengertian sabar
·   Menjelaskan pengertian tawakal


Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat

2 jam

·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.
·   Internet

2.     Menjelaskan dalil dan contoh  perilaku  kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal.

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
Dalil dan Contoh perilaku :
·   Kreatif
·   Dinamis
·   Sabar
·   Tawakal

·   Mengidentifikasi dalil dan  contoh-contoh perilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
·   Mendiskusikan dalil dan contoh perilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
·   Menjelaskan dalil dan contoh perilaku kreatif
·   Menjelaskan dalil dan contoh perilaku dinamis
·   Menjelaskan dalil dan contoh perilaku sabar
·   Menjelaskan dalil dan contoh perilaku tawakal

Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat
2 jam
·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.

3.     Menunjukan hikmah dan akibat apabila tidak memiliki sikap terpuji : kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
Hikmah memiliki perilaku terpuji  dan akibat tidak memiliki perilaku terpuji :
·   Kreatif
·   Dinamis
·   Sabar
·   Tawakal
·   Mengkaji hikmah memiliki perilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
·   Mengkaji cara-cara berperilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
·   Membiasakan berperilaku terpuji kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
·   Mengidentifikasi akibat tidak memiliki perilaku terpuji kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
·   Menjelaskan hikmah berprilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
·   Menjelaskan akibat negatif apabila tidak memilki perilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal


Jenis tagihan :
 Ulangan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat
2 jam
·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.







Aspek                             :  Akhlaq
Standar Kompetensi :  Menghindari perilaku tercela.

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

10.1   Menjelaskan pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah


Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin

Perilaku tercela
Pengertian :
·   Isyrof
·   Tabzir
·   Ghibah
·   Fitnah


·   Merumusukan  pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·   Mendiskusikan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

·   Menjelaskan pengertian isyrof
·   Menjelaskan pengertian tabzir
·   Menjelaskan pengertian ghibah.
·   Menjelaskan pengertian fitnah


Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat

2 jam

·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.
·   Internet

a.            Menjelaskan contoh  perilaku  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
Contoh perilaku :
·   Isyrof
·   Tabzir
·   Ghibah
·   Fitnah
·   Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah
·   Mendiskusikan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·   Menjelaskan contoh perilaku isyrof
·   Menjelaskan contoh perilaku tabzir
·   Menjelaskan contoh perilaku ghibah
·   Menjelaskan contoh perilaku fitnah

Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat
2 jam
·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.

b.            Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari


Menghindari perilaku :
·   Isyrof
·   Tabzir
·   Ghibah
·   Fitnah
·   Mengkaji faktor-faktor buruk perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·   Mengkaji cara-cara menghindari  perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·   Membiasakan menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·   Menjelaskan cara menghindari perilaku isyraf.
·   Menjelaskan cara menghindari perilaku tabzir
·   Menjelaskan cara menghindari perilaku ghibah
·   Menjelaskan cara menghindari prilaku fitnah
·   Menjelaskan cara menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah

Jenis tagihan :
 Ulangan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat
2 jam
·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.








Aspek                             :  Aqidah
Standar Kompetensi :  Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadar.

Kompetensi Dasar
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

8.1  Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar


Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin

Iman kepada qadha dan qadar :
·   Tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.

·   Mengidentifikasi tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
·   Mendiskusikan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar

·   Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
·   Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
·   Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.


Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen :
Uraian bebas


2 jam

·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.

8.2  Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar

Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
Hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
·   Mengidentifikasi hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.
·   Mendiskusikan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
·   Menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.

·   Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.

·   Menjelaskan perlunya ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.


Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat
Lembar pengamatan
2 jam
·   Buku PAI kelas XII
·   Buku-buku yang  relevan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar