Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : Menghindari perilaku tercela
Kompetensi
Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
1. Menghindari Akhlaq
tercela seperti Dosa Besar Mabuk-mabukan, Berjudi, Mencuri,
Berzina Dan Mengkonsumsi Narkoba
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Perilaku tercela :
· Pengertian . Mabuk-mabukan, Berjudi, Mencuri, Berzina Dan Mengkonsumsi Narkoba
· Dampak
Negatif dari perilaku tercela, (Mabuk-mabukan, Berjudi, Zina, Mencuri dan Mengkonsumsi Narkoba)
· Nilai-nilai
positif dalam menghindari
perilaku tercela, (Mabuk-mabukan, Berjudi, Zina, Mencuri dan Mengkonsumsi Narkoba)
|
·
Menguraikan
pengertian Dosa Besar Mabuk-mabukan,
Berjudi, Mencuri, Berzina dan Mengkonsumsi Narkoba.
·
Menjelaskan contoh-contoh prilaku
Dosa Besar, Mabuk-mabukan, Berjudi Mencuri Berzina Dan
Mengkonsumsi Narkoba
·
mendiskusikan akibat negatif dari
prilaku Dosa Besar, Mabuk-mabukan, Berjudi Mencuri Berzina Dan
Mengkonsumsi Narkoba
·
Menunjukan
dan
menjelaskan dalil yang berkaitan dengan Dosa Besar, Mabuk-mabukan, Berjudi Mencuri Berzina Dan
Mengkonsumsi Narkoba
|
· Menjelaskan pengertian perilaku Dosa besar
(Mabuk-mabukan, Berjudi, Zina, Mencuri
dan Mengkonsumsi Narkoba)
· Menunjukan dalil yang berkaitan dengan perilaku tercela
(Mabuk-mabukan,
Berjudi, Zina, Mencuri dan
Mengkonsumsi Narkoba)
· Menjelaskan Hikmah dari menghindari prilaku tercela, (Mabuk-mabukan, Berjudi, Zina, Mencuri dan Mengkonsumsi Narkoba)
· Menunjukan sikap, prilaku, dan dampak negatif dari
perilaku tercela (Mabuk-mabukan, Berjudi,
Zina, Mencuri dan Mengkonsumsi Narkoba)
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen :
Uraian
bebas
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas XII
·
Buku-buku yang relevan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek : Akhlaq
Standar
Kompetensi : Akhlaq Terpuji Kreatif, Dinamis,
Sabar, Dan Tawakal.
Kompetensi
Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
1.
Membiasakan diri melakukan perilaku terpuji, kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal.
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Akhlaq terpuji
Pengertian
:
·
kreatif
·
dinamis
·
sabar
·
tawakal
|
· Mengidentifikasi pengertian kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
· Mendiskusikan pengertian kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
|
·
Menjelaskan pengertian kreatif
·
Menjelaskan pengertian dinamis
·
Menjelaskan pengertian sabar
·
Menjelaskan pengertian tawakal
|
Jenis
tagihan :
Tugas
individu
Ulangan
Bentuk
instrumen :
Uraian
singkat
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas XII
·
Buku-buku yang relevan.
·
Internet
|
2.
Menjelaskan dalil dan contoh
perilaku kreatif, dinamis,
sabar, dan tawakal.
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Dalil dan Contoh perilaku :
·
Kreatif
·
Dinamis
·
Sabar
·
Tawakal
|
·
Mengidentifikasi dalil dan contoh-contoh perilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
·
Mendiskusikan dalil dan contoh perilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
|
·
Menjelaskan dalil dan contoh perilaku kreatif
·
Menjelaskan dalil dan contoh perilaku dinamis
·
Menjelaskan dalil dan contoh perilaku sabar
·
Menjelaskan dalil dan contoh perilaku tawakal
|
Jenis
tagihan :
Tugas
individu
Ulangan
Bentuk
instrumen :
Uraian
singkat
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas XII
·
Buku-buku yang relevan.
|
3.
Menunjukan hikmah dan akibat apabila tidak memiliki sikap terpuji :
kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Hikmah memiliki perilaku terpuji dan akibat tidak memiliki perilaku terpuji :
·
Kreatif
·
Dinamis
·
Sabar
·
Tawakal
|
· Mengkaji hikmah memiliki
perilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
· Mengkaji cara-cara berperilaku kreatif,
dinamis, sabar, dan tawakal
· Membiasakan berperilaku terpuji kreatif,
dinamis, sabar, dan tawakal
· Mengidentifikasi akibat tidak memiliki perilaku terpuji
kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
|
· Menjelaskan hikmah
berprilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
· Menjelaskan akibat negatif
apabila tidak memilki perilaku kreatif, dinamis, sabar, dan tawakal
|
Jenis tagihan :
Ulangan
Bentuk instrumen :
Uraian
singkat
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas XII
·
Buku-buku yang relevan.
|
Aspek : Akhlaq
Standar
Kompetensi : Menghindari
perilaku tercela.
Kompetensi
Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
10.1 Menjelaskan
pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan
fitnah
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Perilaku
tercela
Pengertian
:
·
Isyrof
·
Tabzir
·
Ghibah
·
Fitnah
|
· Merumusukan
pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
· Mendiskusikan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan
fitnah
|
·
Menjelaskan pengertian isyrof
·
Menjelaskan pengertian tabzir
·
Menjelaskan pengertian
ghibah.
·
Menjelaskan pengertian fitnah
|
Jenis
tagihan :
Tugas
individu
Ulangan
Bentuk
instrumen :
Uraian
singkat
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas XII
·
Buku-buku yang relevan.
·
Internet
|
a.
Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Contoh
perilaku :
·
Isyrof
·
Tabzir
·
Ghibah
·
Fitnah
|
·
Mengidentifikasi
contoh-contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah
·
Mendiskusikan contoh perilaku
isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
|
·
Menjelaskan contoh perilaku
isyrof
·
Menjelaskan contoh perilaku
tabzir
·
Menjelaskan contoh perilaku
ghibah
·
Menjelaskan contoh perilaku
fitnah
|
Jenis
tagihan :
Tugas
individu
Ulangan
Bentuk
instrumen :
Uraian
singkat
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas XII
·
Buku-buku yang relevan.
|
b.
Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
Menghindari
perilaku :
·
Isyrof
·
Tabzir
·
Ghibah
·
Fitnah
|
· Mengkaji faktor-faktor buruk perilaku isyrof, tabzir,
ghibah, dan fitnah
· Mengkaji cara-cara menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
· Membiasakan menghindari perilaku isyrof, tabzir,
ghibah, dan fitnah
|
· Menjelaskan cara menghindari perilaku isyraf.
· Menjelaskan cara menghindari perilaku tabzir
·
Menjelaskan cara menghindari
perilaku ghibah
· Menjelaskan cara menghindari prilaku fitnah
· Menjelaskan cara menunjukkan akibat dari isyraf,
tabzir, ghibah dan fitnah
|
Jenis tagihan :
Ulangan
Bentuk instrumen :
Uraian
singkat
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas XII
·
Buku-buku yang relevan.
|
Aspek : Aqidah
Standar Kompetensi : Meningkatkan keimanan kepada Qadha’
dan Qadar.
Kompetensi
Dasar
|
Niai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
8.1 Menjelaskan
tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Iman kepada qadha dan qadar :
· Tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
|
·
Mengidentifikasi tanda-tanda
keimanan kepada qadha dan qadar.
· Mendiskusikan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan
qadar
|
· Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
· Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
· Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan
qadar.
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen :
Uraian
bebas
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas XII
·
Buku-buku yang relevan.
|
8.2 Menerapkan
hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
|
Religius
Jujur
Toleransi
Tanggung jawab
Gemar membaca
Disiplin
|
Hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
|
· Mengidentifikasi hikmah beriman kepada qadha’ dan
qadar.
· Mendiskusikan
hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
· Menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qadha’ dan
qadar.
|
· Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
· Menjelaskan perlunya ikhtiar dan tawakkal dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen :
Uraian
singkat
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
·
Buku PAI kelas XII
·
Buku-buku yang relevan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar